[Review] The After-Dinner Mysteries - Higashigawa Tokuya

Title of Book: The After-Dinner Mysteries
Author: Higashigawa Tokuya
Series: The After-Dinner Mysteries #1
Publisher: Penerbit Haru
Publication Year: 2014
Language: Bahasa Indonesia
Translator: Khairun Nisak
Format: Paperback
Pages: 291



“Menyelesaikan kasus sepele seperti ini saja tidak bisa, apakah Tuan Putri sebenarnya bego?”
Kenapa ada mayat bersepatu bot di kamar yang berlantai kayu?
Kenapa ada racun dalam botol anggur yang masih tertutup rapat?
Kenapa ada mayat yang tinggi badannya bisa menyusut?
Hosho Reiko adalah putri tunggal pemilik Grup Perusahaan Hosho yang kaya raya. Gadis ini harus menyelesaikan berbagai kasus pembunuhan yang misterius itu bersama atasannya, Komandan Kazamatsuri. Sialnya, Komandan Kazamatsuri ini tidak bisa diandalkan!
Reiko yang belum lama menjadi penyelidik di Kepolisian Kunitachi akhirnya hanya bisa mengeluh pada pelayannya, Kageyama.
Namun, pelayan tampan ini justru mengejeknya habis-habisan. Tapi, mau bagaimana lagi…. Hanya Kageyama yang bisa memecahkan misteri kasus-kasus pembunuhan itu dengan analisis jitunya.
Nikmati tingkah konyol mereka dalam tujuh cerpen komedi detektif ini!




The After-Dinner Mysteries merupakan kumpulan cerita pendek bergenre misteri yang berpusat pada detektif Hosho Reiko dan pelayannya, yaitu Kageyama. Selain mereka berdua, tokoh lain yang cukup penting dalam buku ini adalah Komandan Kazamatsuri. Reiko dan Komandan Kazamatsuri sering menemui kasus yang cukup rumit untuk mereka selesaikan, namun dapat dipecahkan dengan mudah oleh Kageyama.
Hosho Reiko dan Komandan Kazama sebenarnya adalah sama-sama anak dari pengusaha kaya. Bedanya, Reiko selalu berusaha menyembunyikan kenyataan tersebut sedangkan Kazamatsuri nggak pernah sungkan mengendarai Jaguar miliknya ketika kerja. Kageyama adalah pelayan Reiko yang setia melayani Reiko dan mendengar keluh kesahnya tiap selesai kerja. Keluh kesah tersebut kebanyakan berkaitan dengan kasus yang sedang ditangani oleh Reiko. Saat inilah Kageyama ikut memberi masukan sembari sedikit menghina Reiko.
Buku ini terdiri dari tujuh cerita pendek, antara lain ‘Silakan Lepas Sepatu Anda di TKP Pembunuhan’, ‘Maukah Anda Mencoba Anggur Kematian’,’Ada Zat Mematikan pada Mawar yang Indah’, ‘Mempelai Wanita Berada dalam Ruangan Terkunci’, ‘Hati-Hati Jika Berselingkuh’, ‘Itulah Pesan dari Orang Mati’, dan ‘Cinta Berlebihan dalam Keluarga Hosho’. Tiap cerpen membahas kasus pembunuhan yang berbeda.
Menurut saya, buku ini lebih mengutamakan dinamika hubungan Reiko dengan Kageyama dibandingkan misteri pada tiap kasus yang sedang dibahas. Karena terdiri dari beberapa cerita pendek, misteri yang disajikan cenderung sederhana. Namun karena umumnya tiap cerpen diakhiri dengan Kageyama menjabarkan analisisnya terhadap kasus, saya tidak mendapat full closure dari kasus itu sendiri. Penyelesaian datang dari Kageyama tanpa konfirmasi dari pelaku itu sendiri, sehingga belum tentu analisis Kageyama itu benar. Seandainya benar, masih ada satu hal yang belum diungkap yaitu motif. Analisis Kageyama berdasarkan fakta-fakta dan menjabarkan teknis atau metode kejahatan. Sedangkan motif, seringkali berhubungan dengan psikologi pelaku. Bila tidak ada konfirmasi dari pelaku yang sebenarnya, motif yang dijabarkan Kageyama jadi hanya sebatas dugaan.
The After-Dinner Mysteries sudah diadaptasi menjadi dorama 10 episode dan film. Dorama dan film ini dibintangi oleh Keiko Kitagawa sebagai Hosho Reiko dan Sho Sakurai (personil boyband Arashi) sebagai Kageyama. Selain itu, ternyata The After-Dinner Mysteries ini adalah seri. Saya berharap Haru bakal menerjemahkan buku lanjutan dari seri ini. 


No comments :

Post a Comment