[Review] Dracula - Bram Stoker

Title of Book : Dracula
Author : Bram Stoker
Publisher : eShelf

The aristocratic vampire that haunts the Transylvanian countryside has captivated readers' imaginations since it was first published in 1897. Hindle asserts that Dracula depicts an embattled man's struggle to recover his "deepest sense of himself as a man", making it the "ultimate terror myth".
Setelah sekian bulan akhirnya saya selesai baca novel klasik yang berjudul Dracula! dan kali ini bukunya nggak pinjem dari Ruang Baca kampus lho, hehe. Buku ini merupakan bonus/ buku bawaan dari e-reader saya. Iya, buku Dracula yang saya baca ini berupa e-book.
Kenapa lama ? karena satu, buku ini bahasa Inggris. Dua, karena ini karya klasik, jadi bahasa Inggrisnya bahasa model-model jaman dulu gitu yang sedikit susah dimengerti. Tiga, ceritanya sangat sedikit membosankan. Kalau membosankan, kenapa dibaca ? pertanyaan bagus. Pernah dengar kalimat 'curiousity could kill' ? yap, penasaran, karena saya penasaran dengan isi buku ini. Saya pernah nonton film yang diangkat dari kisah di buku ini (murni gara-gara pemeran Jonathan Harker adalah Keanu Reeves :D) dan berhubung saya punya e-booknya, nggak ada salahnya kan saya baca sampai tuntas.
Setelah saya baca, cerita Dracula di buku dan di film beda ya ternyata. Baik pendeskripsian karakter maupun jalan cerita. Menurut saya, Count Dracula yang dideskripsikan oleh Bram Stoker di novel berbeda dengan wujud di film. Untuk jalan cerita, di film diceritakan masa lalu Count Dracula, dan berlanjut pada kisah cinta Count Dracula dengan Mina Harker yang ternyata mengingatkan Count dengan istrinya dulu. Di novel, tidak diceritakan masa lalu Count Dracula dan tidak ada kisah cinta antara Count Dracula dan Mina Harker.
Membaca novel ini serasa membaca buku-buku harian jaman dulu. Bram Stoker menceritakan kisah sang Count Dracula melalui buku harian yang (ceritanya) ditulis oleh beberapa tokoh penting dalam novel ini. Kita (pembaca) akan melihat cerita dari berbagai sudut pandang tokoh-tokoh novel ini. Sayangnya, kita tidak dapat melihat kisah ini dari sisi Dracula. padahal mungkin novel ini cukup menarik kalau sudut pandang Count Dracula juga diikutsertakan.


No comments :

Post a Comment